Memulai Pemograman Android dengan Linux Mint

Android adalah sistem operasi mobile atau ponsel pintar yang sangat populer.

Mengenal Pemograman Android

Hal yang diperlukan

  • Android Studio 3.0
  • Android SDK (Software Development Kit)
  • JDK (Java Development Kit)
  • AVD (Android Virtual Device)

Spesifikasi Sistem Minimal

  • GNOME or KDE desktopTested on Ubuntu® 14.04 LTS, Trusty Tahr (64-bit distribution capable of running 32-bit applications)
  • 64-bit distribution capable of running 32-bit applications
  • GNU C Library (glibc) 2.19 or later
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
    4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution

Spesifikasi Sistem Penulis

Android Studio

Pengembangan perangkat lunak Android adalah proses di mana aplikasi baru diciptakan untuk sistem operasi Android. Aplikasi tersebut biasanya dikembangkan dalam bahasa pemrograman Java dengan menggunakan Software Development Kit (SDK) Android, tetapi perkakas lainnya juga tersedia. (id.wikipedia.com)

Project Structure & Layout Program

Emulator & AVD

Log Statement

AndroidManifest.xml

Gradle

 

Memulai Pemograman Android

Melakukan Instalasi & Set Default JDK

Melakukan Pengecekan Java

Melakukan Instalasi Android Studio

  1. Download Android Studio IDE untuk Linux di https://developer.android.com/studio/index.html
  2. Extract file
  3. Masuk ke Folder Ekstraksi (android-studio), masuk ke folder bin (android-studio/bin/)
  4. Buka Terminal pada Folder bin tersebut, jalankan perintah
    ./studio.sh

    <screenshoot_cmd>

  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai

** Dalam proses instalasis biasanya terdapat proses pegunduhan tool & library yang dibutuhkan untuk melakukan pemograman aplikasi android.

** Tools & Library yang di Unduh defaultnya terdapat dalam Folder Home>Android>Sdk yang berisikan folder-folder sebagai berikut:

*** Lakukan Konfigurasi SDK Path atau penempatan lokasi folder SDK pada Android Studio

 

Membuat AVD (Android Virtual Device)

cooming soon ….

Membuat Koneksi ke Perangkat Android

cooming soon …

Merancang Program Aplikasi Android

Case 1: Memulai Program Pertama “Hello World”

  1. Buka Android Studio
  2. Klik Start new Project atau Klik Menu File>New>New Project
  3. Isikan Informasi project yang dibutuhkan dan Klik Next
  4. Tunggu Hingga Proses Building ‘project’ Gradle Selesai
  5. Compile Project
  6. Run Project

Penggunaan Log

Case 2: Membuat Aplikasi Hello Toast & Kostumisasi Layout

  1. Buat Project Aplikasi Baru dengan nama ‘Hello Toast‘ dengan Template ‘Empty Activity
  2. Masukkan Element sesuai property di bawah
    View Resource Value / String Resource name
    Button Hello Toast! button_label_toast
    TextView 0 count_initial_value
    Button Count button_label_count
  3. Tambahkan Baris Resources strings.xml dan colors.xml
    strings.xml

    <string name="app_name">Hello Toast</string>
    <string name="button_label_count">Count</string>
    <string name="button_label_toast">Toast</string>
    <string name="count_initial_value">0</string>

    colors.xml

    <color name="colorPrimary">#3F51B5</color>
    <color name="colorPrimaryDark">#303F9F</color>
    <color name="colorAccent">#FF4081</color>
    <color name="myBackgroundColor">#FFF043</color>
  4. Tambahkan Handling (pengenal) pada Element Button dalam res>layout>activity_main.xml
    Button button_toast

    android:onClick="showToast"

    Button button_count

    android:onClick="countUp"
  5. Tambahkan Method pada java>com.example.myandroid.helloworld>MainActivity.java didalam Class
    public void countUp(View view) {
            // What happens when user clicks on the button_count Button goes here.
       }
    
    
       public void showToast(View view) {
            // What happens when user clicks on the button_toast Button goes here.
       }
  6. Isikan Baris Perintah di dalam Method showToast untuk menjalankan memunculkan notifikasi atau ‘Element Toast’ dalam Perancangan Aplikasi
    public void showToast(View view) {
        // Create a toast show it.
        Toast toast = Toast.makeText(this, R.string.toast_message, Toast.LENGTH_LONG;);
        toast.show();
    }
  7. Tambahkan beberapa baris perintah untuk menjalankan fungsi counter atau penambahan pada angka + 1 jika tombol ditekan 1x
    Tambahkan Attribut Class untuk angka dan element TextView

    private int mCount = 0;
    private TextView mShowCount;

    Tambahkan Inisialisasi dalam Attribut dalam Method OnCreate()

    mShowCount = (TextView) findViewById(R.id.show_count);

    Tambahkan baris perintah dalam method countUp()

    public void countUp(View view) {
       mCount++;
       if (mShowCount != null)
          mShowCount.setText(Integer.toString(mCount));
    }

    <screenshoot_full>

  8. Jalankan Aplikasi
  9. Hasil Aplikasi
    Jika tombol ‘Show Toast’ ditekanJika tombol ‘Count’ ditekan

Case 3: Membuat Aplikasi Text dengan Scrollview

 

Mengatasi Kesalahan (Troubleshoot) Pengerjaan

 

 

Referensi

https://google-developer-training.gitbooks.io/android-developer-fundamentals-course-practicals/content/en/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *